10 Alasan Mengapa Kalian Wajib Kuliah di Universitas Indonesia

Kuliah di UI ialah salah satu kemewahan. Tidak banyak orang yang dapat kuliah di UI. Dari ratusan ribu calon mahasiswa yang mendaftar ke UI tiap tahunnya, yang diterima tidak sempat lebih dari 10 ribu mahasiswa.

Buat kamu yang masih bimbang ingin meneruskan kuliah di mana serta bimbang memilah antara UI ataupun ITB misalnya. Berikut ini kami bagikan 10 alibi yang dapat membuat kamu hendak lebih percaya buat memilah UI selaku kampus tujuan kuliah kamu.

#10. Jakarta

Alibi kesepuluh mengapa kamu wajib memilah UI merupakan sebab Jakarta. Jakarta ialah salah satu alibi kamu wajib kuliah di UI. Spesialnya buat kamu yang tinggal di luar Jakarta. Sebab di Jakarta terdapat banyak sekali peluang yang dapat kamu miliki. Mulai dari peluang buat turut acara- acara internal kampus yang biasa dihadiri oleh tokoh- tokoh berarti. Ataupun kegiatan di luar kampus yang tidak kalah banyaknya.

Acara- acara yang terdapat di Jakarta tidak cuma kegiatan yang berbau akademis. Terdapat banyak sekali kegiatan seni, budaya, serta berolahraga yang dilaksanakan di Jakarta. Baik yang tingkat nasional ataupun internasional. Serta itu ialah suatu kemewahan yang tidak dapat dialami oleh mahasiswa- mahasiswa yang kuliah di luar Jakarta.

#9. Mutu Pengajar di UI Sangat Bagus

Bicara soal mutu pengajar, seluruh kampus negara serta kampus dengan akreditasi A memanglah tidak butuh diragukan lagi mutu pengajarnya. Tetapi yang membedakan UI dengan kampus yang lain salah satunya merupakan tenaga pengajarnya yang kerapkali ialah praktisi serta para teknokrat yang telah berkecimpung aktif dalam bidang yang mereka tekuni.

Serta ini pasti hendak jadi suatu penyemangat buat kamu supaya dapat menjajaki jejak para anggota dewan, para pebinis, para menteri, serta para pakar yang mengajar kamu di UI.

Serta sebab UI berlokasi di Jakarta, tidak tidak sering terdapat kuliah tamu dari orang- orang berarti di dunia. Semacam yang dahulu sempat dicoba oleh Barack Obama kala berkunjung di Indonesia. Serta ini pasti hendak jadi suatu pengalaman tertentu yang tidak sering kamu temukan di kampus- kampus lain di Indonesia.

#8. Sarana di UI sangat Lengkap

Selaku salah satu kampus tertua serta terbaik di Indonesia, kelengkapan sarana di UI tidak butuh diragukan lagi. Sebab di UI kamu hendak memperoleh sarana kelas 1 buat seluruh perihal. Mulai dari ruang belajar, ruang praktikum, bibliotek, sarana berolahraga, sarana ibadah, seluruhnya lengkap dengan mutu terbaik.

Tidak hanya itu, di UI pula terdapat sarana tempat tinggal berbentuk asrama yang dapat digunakan oleh mahasiswa tingkatan satu. Sehingga buat kamu yang berasal dari luar wilayah, kamu tidak butuh takut kebimbangan mencari tempat tinggal. Sebab di tahun awal kamu dapat tinggal di asrama UI. Jadi kamu dapat mencari tempat tinggal buat tahun berikutnya secara bertahap sambil menempuh perkuliahan.

#7. Akses yang Sangat Mudah

Buat kamu yang berasal dari Jabodetabek, kuliah di UI ialah suatu kemewahan tertentu. Sebab UI terletak di jalan commuter line. Sehingga kamu tidak butuh wajib repot- repot bawa kendaraan individu ke kampus. Serta bila commuter line lagi hening, kamu dapat menggunakan waktu yang terdapat dengan belajar ataupun membaca novel dengan aman di kereta. Suatu perihal yang tidak dapat kita jalani bila memakai kendaraan individu.

Tidak hanya terletak di dekat jalan kereta, UI pula terletak dalam jalan bis Trans Jakarta. Jadi, kamu tidak butuh memakai kendaraan individu ke kampus. Serta itu pasti hendak cukup mengirit bayaran.

Belum lagi di dalam kampus UI pula terdapat bikun( bus kuning) serta spekun( sepeda kuning) yang dapat kamu pakai secara free dengan memakai KTM. Dengan bermacam berbagai kemudahan akses yang dipunyai di UI, kamu hendak terus menjadi terbiasa buat memakai kendaraan universal. Suatu kemewahan yang tidak sering dipunyai oleh mahasiswa di kampus- kampus lain di Indonesia.

#6. UKM di UI Sangat Banyak

Buat kamu yang belum ketahui apa itu UKM, UKM ialah seperti aktivitas ekstra kurikuler di sekolah. Paling tidak terdapat lebih 40 tipe Unit Aktivitas Mahasiswa yang terdapat di UI. Dengan UKM sebanyak itu, hingga kamu tidak butuh takut tidak dapat menyalurkan hobi yang kamu miliki.

Kenapa keberadaan UKM itu sangat berarti? sebab UKM ialah salah satu wujud aktivitas tamasya sekalian fasilitas meningkatkan diri. Sebab tidak semacam halnya aktivitas perkuliahan, pendidikan yang terdapat di UKM lebih bertabiat informal serta bertujuan buat menyalurkan atensi bakat mahasiswa.

Sehingga buat kamu yang merasa apa yang kamu pelajari di jurusan kuliah kamu tidak dapat meningkatkan kemampuan yang kamu miliki, kamu dapat meningkatkan kemampuan kamu lewat UKM yang terdapat. Dengan begitu, kamu tidak butuh takut tidak dapat berprestasi. Sebab jalan akademis tidaklah salah satunya jalur buat berprestasi.

#5. Budaya Anti Mencontek

Budaya anti mencontek ini dapat ditemui di sebagian fakultas di UI. Salah satu fakultas yang mempraktikkan kebijakan tidak mentolerir ketidakjujuran di UI merupakan FEB( Fakultas Ekonomi serta Bisnis). Fakta nyata budaya kejujuran di FEB UI merupakan terdapatnya sanksi menemukan nilai E di seluruh mata kuliah yang diambil di semester tersebut untuk yang ketahuan mencontek dikala UTS ataupun UAS.

Dengan kebijakan semacam itu, mahasiswa baru yang tertangkap menyontek di 2 semester pertamanya ditentukan hendak terkena drop out dikarenakan tidak hendak penuhi sks lulus minimun yang diresmikan UI( 24 sks dalam 2 semester).

Dengan kebijakan semacam ini, hingga secara tidak langsung kita hendak terbiasa jujur. Serta itu merupakan modal yang sangat berharga untuk kita buat menempuh kehidupan pasca kampus. Sebab semacam yang kita ketahui, kejujuran merupakan suatu kemewahan yang sangat susah ditemui di dikala ini.

#4. Area Belajar yang Aman, Dinamis, serta Kompetitif

Buat kamu yang tidak sempat ke UI, UI ialah salah satu kampus yang sangat aman serta rindang. Sebab terdapat banyak sekali ruang terbuka hijau yang tersebar di nyaris tiap penjuru kampus. Dengan begitu, kita tidak butuh takut buat beraktifitas di luar kelas buat semata- mata nangkring, berdiskusi, ataupun mengerjakan tugas.

Tidak hanya aman, UI pula ialah kampus yang sangat dinamis. Sebab kita hendak menciptakan mahasiswa dari segala penjuru Indonesia di UI. Belum lagi ditambah terdapat banyak sekali mahasiswa asing yang kuliah di UI. Pasti hendak sangat berguna untuk kita supaya lebih terbuka serta lebih dapat toleransi satu sama lain.

Serta yang tidak kalah berarti, UI ialah salah satu kampus sangat kompetitif di Indonesia. Perihal itu dapat dilihat mulai dari proses pilih yang sangat ketat. Dari ratusan ribu peminat UI tiap tahunnya, yang diterima tidak sempat lebih dari 10 ribu. Dengan kampus yang begitu kompetitif hingga secara tidak langsung kita hendak merasa lebih terpacu buat tidak kalah dari sahabat kita yang lain. Serta berkat area yang kompetitif ini pula, tidak tidak sering mahasiswa UI jadi juara dalam kompetisi- kompetisi di tingkat nasional ataupun internasional.

Serta bila seluruhnya itu belum lumayan, UI ialah salah satu tempat sangat bagus buat mencari pendamping. Sebab telah terseleksi di antara ratusan ribu orang tiap tahunnya. Hehe.

#3. Peluang Exchange

Selaku salah satu kampus sangat populer di Indonesia, UI memiliki jaringan internasional yang sangat luas. Hingga dari itu tidak mengherankan bila di UI terdapat banyak sekali peluang buat pertukaran pelajar. Dari yang berbayar sampai gratisan alias sisa membawa tubuh, seluruhnya terdapat. Jika kalian giat simak kabar, dipastikan minimun kalian dapat turut pertukaran minimun sekali sepanjang masa kuliah.

#2. Jaringan Alumni yang Sangat Luas serta Kuat

Salah satu alibi lain yang mewajibkan kamu memilah UI merupakan sebab UI mempunyai jaringan alumni yang sangat luas serta kokoh. Dengan begitu, kamu tidak butuh takut hendak susah memperoleh kerja sehabis lulus.

Alumni UI itu terdapat di bermacam berbagai zona serta industri. Serta di banyak industri tidak tidak sering terdapat lowongan yang sifatnya close recruitment. Serta buat lowongan yang bertabiat close recruitment ini tidak tidak sering sesama alumni hendak mempromosikan serta merekomendasikan sahabat ataupun adik angkatannya. Di sinilah kedudukan berarti jaringan alumni. Hingga jangan kaget bila di perusahaan- perusahaan tertentu pekerjanya didominasi oleh alumni dari salah satu kampus tertentu.

#1. Universitas Terbaik di Indonesia

Berdasarakan Quacquarelli Symonds( QS) World University Ranking, UI ialah kampus terbaik di Indonesia. Di tahun 2018 UI menempati posisi awal. Juga di tahun 2019. Disusul oleh ITB serta UGM di peringkat kedua serta ketiga. Sedangkan ITB serta UGM silih susul menyusul di peringkat 2 serta 3, UI senantiasa mantap menempati posisi paling atas dalam catatan yang dirilis oleh QS University.

QS University memakai 6 penanda utama dalam melaksanakan evaluasi. 6 penanda tersebut di antara lain: reputasi akademik( 40%), reputasi lulusan( 10%), rasio fakultas serta mahasiswa( 20%), kutipan harian ilmiah( 20%), fakultas internasional( 5%), serta mahasiswa internasional( 5%). Bersumber pada 6 kriteria tersebut, UI memperoleh nilai sangat besar dibanding kampus- kampus lain di Indonesia.

Jadi, buat kamu yang masih ragu buat masuk UI, jangan ragu lagi, ya. Sebab UI ialah yang terbaik di Indonesia. Saat ini tinggal kalian. Telah mempersiapkan diri sebaik- baiknya belum buat dapat masuk UI?

Leave a Reply